RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 6 Purwakarta
Mata Pelajaran : IPA
Kelas :
IX (Sembilan)
Semester :
I (Satu)
Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar 1.2.
Mendiskripsikan sistem reproduksi danpenyakit yang berhubungan dengan
sistem reproduksi manusia.
A. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Menyebutkan macam organ penyusun
sistem reproduksi pada manusia
2.
Mendeskripsikan fungsi sistem
reproduksi
3.
Menulis artikel tentang cara
penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem
reproduksi
4.
Menyadari
pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
Kinerja Ilmiah
1.
Mengamati
video macam organ penyusun sistem reproduksi
2.
Mengamati
gambar-gambar sistem reproduksi pada manusia
3.
Mengamati
penyakit dan cara pencegahan sistem reproduksi pada manusia
4.
Bekerjasama
dengan teman kelompok
5.
Mengkomunikasikan
hasil kerja dengan baik
B. Karakter siswa yang diharapkan :
1. Disiplin
2. Rasa hormat dan perhatian
3. Tekun
4. Tanggung jawab
5. Ketelitian
C.
Materi Pembelajaran
SISTEM
REPRODUKSI
Reproduksi merupakan proses terbentuknya individu baru.
Reproduksi dilakukan untuk memperbanyak dan mempertahankan jenisnya. Manusia
tergolong makhluk hidup yang melakukan reproduksi seksual, yaitu yang
melibatkan dua induk, yaitu induk jantan (pria) dan induk betina (wanita).
Reproduksi seksual melibatkan organ reproduksi pria dan wanita. Organ
reproduksi ini berbeda pada pria dan wanita.
Ø Organ Penyusun Sistem Reproduksi Pria
No
|
Organ
|
Fungsi
|
1.
|
Testis
|
Menghasilkan
sel sperma dan hormon kelamin (testosteron)
|
2.
|
Vas defferens
|
Menyalurkan
sperma dari testis ke kantong sperma
|
3.
|
Kantong sperma
|
Tempat
penampungan sperma sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh
|
4.
|
Penis
|
Alat
penyaluran sperma.
|
Ø Organ Penyusun Sistem Reproduksi Wanita
No
|
Organ
|
Fungsi
|
1.
|
Ovarium
|
Menghasilkan
sel telur (ovum) dan hormon (estrogen dan progesteron)
|
2.
|
Oviduk
|
Menggerakkan
ovum ke arah rahim, tempat terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma.
|
3.
|
Rahim
|
Tempat
pertumbuhan dan perkembangan embrio (calon bayi)
|
4.
|
Vagina
|
Tempat
penerimaan sel sperma dan tempat keluarnya bayi
|
Ø Kelainan dan Penyakit Sistem Reproduksi Pada
Manusia :
1. Sifilis
(raja singa) : disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum.
2.
Gonorhoea (kencing nanah) : disebabkan oleh bakteri Nisseria gonorrhoeae, penyakit ini menular.
3. Herpes : disebabkan oleh virus (Herpes Simpleks).
4. AIDS
: disebabkan oleh virus HIV, menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga penderita mudah terserang penyakit dan sulit
untuk sembuh.
D. Strategi Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
2.
Metode Pembelajaran : Informasi, Observasi, dan
tanya jawab
3.
Pendekatan :
Pembelajaran kontekstual
E. Langkah-langkah Kegiatan
v Pertemuan Pertama (80 menit)
Pendahuluan
(25 menit)
|
Apersepsi (20 menit)
Ø Salam islam
Ø Salam sunda
Ø Istighfar
Ø Syahadatain
Ø Doa akan belajar
Ø Membaca Surat-surat pendek
Ø Menyanyikan lagu indonesia
raya
Ø Membaca buku cerita
Ø Absensi
Motivasi (5 menit)
guru bertanya kepada peserta
didik
1.
Terdiri dari apakah organ sistem reproduksi ?
2.
Mengapa ada orang yang mandul ?
3.
Di manakah pertumbuhan dan
perkembangan manusia sebelum dilahirkan ?
4.
Berasal dari manakah kebutuhan
hidup janin ?
|
Kegiatan Inti (50 menit)
|
Eksplorasi (20 menit)
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Guru memperlihatkan gambar organ
reproduksi pada manusia
2. Siswa memperhatikan
bagian-bagian organ reproduksi pada manusia melalui tayangan video
3. Siswa dapat mengidentifikasikan
dan memahami fungsi bagian – bagian dengan reproduksi manusia.
4.
Siswa dapat menjelaskan tahap –
tahap reproduksi manusia.
5. Siswa dapat menjelaskan
pertumbuhan dan perkembangan manusia.
6. Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, dan media pembelajaran siswa lebih memahami sistem reproduksi
manusia
7.
Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru
8. Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi (25 menit)
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1.
Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis (merangkum hal penting) pada setiap pembelajaran melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna
2. Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
3. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
4. Memberi kesempatan untuk berpikir, dan bertindak tanpa rasa takut
5. Siswa mengamati video organ – organ penyusun sistem reproduksi dilanjutkan
diskusi tahap – tahap reproduksi manusia
6. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif
7. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar
8. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual
9. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
10. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
Konfirmasi (5 menit)
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
Penutup (5 menit)
|
Dalam kegiatan penutup, guru:
1.
Guru mengingatkan anak agar belajar lagi di rumah
2.
Berdoa – menyanyikan lagu daerah
3.
Salam
|
v Pertemuan Kedua (80 menit)
Pendahuluan (25 menit)
|
Apersepsi (20 menit)
Ø Salam islam-Salam sunda
Ø Istighfar
Ø Syahadatain
Ø Doa akan belajar
Ø Membaca Surat-surat pendek
Ø Menyanyikan lagu indonesia
raya
Ø Membaca buku cerita
Ø Absensi
Motivasi (5 menit)
guru bertanya kepada peserta
didik:
1.
Sebutkan 3 penyakit pada organ sistem reproduksi ?
-
Pengetahuan Prasyarat
Siswa telah memahami organ –
organ sistem reproduksi manusia.
|
Kegiatan Inti (50 menit)
|
Eksplorasi (20 menit)
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Mengingatkan kembali
bagian-bagian organ reproduksi manusia
2.
Siswa menjawab pertanyaan dari
guru
3.
Siswa dapat mendata kelainan dan
penyakit pada organ sistem reproduksi.
4.
Menggunakan media pembelajaran siswa dapat menyebutkan
penyakit pada organ reproduksi manusia
5.
Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru
6.
Melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Elaborasi (25 menit)
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1.
Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
3. Memfasilitasi peserta didik melalui diskusi, untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
4. Dengan bimbingan guru siswa
melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit pada organ sistem reproduksi
5. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
6. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif
7. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar
8. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
9.
Memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Konfirmasi (5 menit)
1.
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
Penutup (5 menit)
|
Dalam
kegiatan penutup :
2.
Guru mengingatkan anak agar belajar lagi di rumah
3.
Salam
|
G.
Media dan Sumber Belajar.
1.
Media : gambar organ sistem
reproduksi, infocus, video proses pembentukan janin, LKS,
2.
Sumber Belajar :
· Buku IPA Biologi (percobaan)
· Wariono Sukis dan Muharomah
Yani. (2008). Ilmu Alam Sekitar Panduan Belajar IPA
Terpadu: SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional
· Sudibyo, Elok, dkk.
(2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional
· Laboratorium, lingkungan
sekolah
· Internet (youtube), Guru dan siswa
H.
Penilaian
No.
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
1.
|
Menyebutkan
macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
|
Tes
tertulis
|
PG
|
§ Salah satu organ yang
menyusun sistem reproduksi pada laki-laki adalah ....
|
2.
|
Mendeskripsikan
fungsi sistem reproduksi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
§ Jelaskan fungsi uterus
yang terdapat dalam sistem reproduksi wanita!
|
3.
|
Menulis artikel
tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi
|
Penugasan
|
Tugas tersetruktur
|
Buatlah tulisan tentang penularan dan pencegahan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi!
|
4.
|
Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
|
Penugasan
|
Tugas terstruktur
|
Angket skala perbedaan semantik
|
I.
Kunci Jawaban
1.
Testis
2.
Fungsi uterus yaitu sebagai tempat
pertumbuhan dan berkembangnya janin pada wanita yang sedang hamil
J.
Penskoran
1. Setiap soal yang benar mendapat skor 10 point (jika 10 soal)
2. Setiap soal yang benar mendapat skor 1 point (jika 20 soal)
Jumlah skor yang
didapat x 100%
Jumlah
soal
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs.
Asep Tata Sonjaya
NIP.
19651208 199512 1 002
|
Purwakarta, Agustus
2016
Sumi Juariah S.Pd
NIP. -
|
Pragmatic Play : review of this site
BalasHapusPragmatic Play's new Slots and Live Casino Review When it comes to developing new video クイーンカジノ slots from the betway login world's jeetwin leading game developers,
pg
BalasHapusทดลองเล่นสล็อต pg มาใหม่
BalasHapus