Jumat, 16 Juni 2017

RPP EKSKRESI SMP KTSP 2016-2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri 6 Purwakarta
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas                           : IX (Sembilan)
Semester                     : I (Satu)
Alokasi Waktu            : 4 x 40’ ( 2x pertemuan )
 


Standar Kompetensi :
1.    Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi dasar     :
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Indikator Pencapaian Kompetensi :  
1.    Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
2.    Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
3.    Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
4.    Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi

Kinerja Ilmiah
1.    Mengamati video bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
2.    Mengamati gambar-gambar penyusun sistem ekskresi
3.    Mengamati kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
4.    Bekerjasama serta bertanggung jawab atas diri sendiri dan dengan teman kelompok

A.      Karakter Peserta Didik yang diharapkan
1.        Disiplin
2.        Bertanggung jawab
3.        Ketelitian
4.        Berkerjasama
5.        Sopan dan santun



B.       Materi Ajar
SISTEM EKSKRESI

Ø Ekskresi →  Proses pengeluaran sisa metabolisme (sampah) yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh. Jika tidak dikeluarkan akan meracuni tubuh.
Organ Ekskresi dan sisa metabolisme yang dikeluarkan :
Organ Ekskresi
Sisa metabolisme yang dikeluarkan
Paru-paru
Karbondioksida (CO2) dan uap air (H2O)
Hati
Cairan empedu (berwarna kehijauan)
Ginjal
Urin (air seni)
Kulit
Keringat

Ø Ginjal
Dalam tubuh manusia terdapat 2 buah ginjal yang terletak di sisi kiri dan kanan dalam rongga perut. Bentuknya seperti biji kacang merah. Panjangnya sekitar 10 cm, dan beratnya kurang dari 170 gram. Ginjal berwarna merah keunguan. Fungsi utama ginjal sebenarnya adalah untuk menyaring darah. Zat sisa penyaringan darah ini berupa urin (air seni). Kandungan urin : air, urea, garam mineral, cairan empedu (kuning cokelat).
Urin dikeluarkan dari dalam tubuh melalui : (1) Ginjal, (2) Ureter, (3) Kandung kemih, dan (4) Uretra. Perhatikan gambar !


4.  Uretra
 

3. Kandung kemih
 

1. Ginjal
 

2. Ureter
 


Bagian – bagian ginjal dan fungsinya (3M) :

Kulit ginjal (korteks)
 
 



Menyerap kembali zat yg masih berguna (Rearbsopsi)
 

Mengumpulkan urin (Augmentasi)
 

Sumsum ginjal (Medula)
 

Rongga ginjal (Pelvis)
 
      
Ø                  Kulit
Pada kulit terdapat kelenjar keringat yang berbentuk pembuluh panjang yang menggulung. Kelenjar ini akan menyerap sisa metabolisme berupa air, urea, dan larutan garam dari kapiler darah. Air dan larutannya tersebut biasa disebut dengan istilah keringat, yang nantinya akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit.

Kelenjar keringat
 

Pori-pori kulit
 
Ø                     Kelainan / penyakit dan penyebab nya !
1.      Batu ginjal         : adanya pengendapan garam kalsium pada ginjal (kalsium oksalat, asam urat, kristal kalsium fosfat).
            2.      Radang ginjal    :  terjadi kerusakan pada ginjal akibat serangan bakteri.    
            3.      Albuminuria      :  adanya albumin (protein) dalam urin.
            4.      Hematuria         :  adanya sel darah merah pada urin.
            5.      Gagal ginjal       :  ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik.
6.      Diabetes            :  adanya glukosa (gula) dalam urin karena terlalu banyak kadar glukosa dalam darah, akibat kerusakan pada ginjal atau kekurangan hormon insulin.
7.      Skabies              :  serangan serangga kecil, bisa menular.
8.      Eksim                :  kulit kering, merah, bersisik, gatal.
            9.      Jerawat              :  gangguan pada kelenjar minyak.
           10.  Biang keringat  :  terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit.

Ø                        Cara menjaga kesehatan organ ekskresi :
1.      Berolahraga secara teratur.
2.      Tidak merokok dan menjauhi rokok.
3.      Memakai masker bila berkendara.
4.      Menghindari minuman beralkohol dan minuman yang mengandung zat berbahaya.
5.      Minum air putih minimal 8 gelas dalam satu hari.
6.      Minum dan makan makanan yang bersih dan sehat.
7.      Mencuci tangan sebelum makan.
8.      Pastikan tempat minum dan makanan dalam keadaan bersih.
9.      Tidak menahan kencing dalam waktu yang lama.
10.  Mandi minimal 2 kali sehari menggunakan sabun.
11.  Cuci muka dengan menggunakan sabun khusus pencegah jerawat.
12.  Mengganti pakaian dengan pakaian bersih setelah mandi.
13.  Mengetahui tanda-tanda atau gejala terkena penyakit.
14.  Segera berobat ke dokter, apabila menemukan tanda-tanda terkena penyakit agar penyakit tidak tambah parah.

C.      Strategi Pembelajaran
1.    Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung
2.    Metode Pembelajaran : Informasi, Observasi, dan tanya jawab
3.    Pendekatan                  : Pembelajaran kontekstual


D.      Langkah-langkah Kegiatan     
v  Pertemuan Pertama (80 menit)
Pendahuluan (25 menit)
Apersepsi (20 menit)
Ø Salam islam
Ø Salam sunda
Ø Istighfar
Ø Syahadatain
Ø Doa akan belajar
Ø Membaca Surat-surat pendek
Ø Menyanyikan lagu indonesia raya
Ø Membaca buku cerita
Ø Absensi

Motivasi  (5 menit)
Guru bertanya kepada peserta didik :
1.  Terdiri dari organ apakah sistem ekskresi pada manusia ? dan apa yang di Keluarkannya?
2.  Bagaimana kerja sama kulit dengan ginjal ?
Kegiatan Inti (50 menit)
Eksplorasi (20 menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa dapat mengidentifikasikan organ – organ penyusun sistem pengeluaran ( ekskresi ) pada manusia melalui tayangan video
2.    Siswa dapat memahami proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia
3.    Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.    Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

Elaborasi (25 menit)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.        Peserta didik memperhatikan penjelasan proses terbentuknya urine pada ginjal
3.        Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4.        Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan penyakit yang terdapat pada organ – organ penyusun sistem ekskresi
5.        Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
6.  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
7.  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
8.        Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
9.        Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi (5 menit)
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.    Guru memberi kesempatan bertanya bagi peserta didik yang belum memahami materi yang di ajarkan
2.    Peserta didik bertanya jawab dan guru memberikan penguatan
3.    Guru menyimpulkan materi yang sudah di pelajari
Penutup (5 menit)
Dalam kegiatan penutup :
1.    Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mau maju ke depan kelas
2.    Guru mengingatkan anak agar belajar lagi di rumah
3.    Berdoa – Salam




v  Pertemuan Kedua (80 menit)
 
                               Pendahuluan (25 menit)
Apersepsi (20 menit)
Ø  Salam islam
Ø  Salam sunda
Ø  Istighfar
Ø  Syahadatain
Ø  Doa akan belajar
Ø  Membaca Surat-surat pendek
Ø  Menyanyikan lagu indonesia raya
Ø  Membaca buku cerita
Ø  Absensi

Motivasi (5 menit)
Guru bertanya kepada peserta didik :
1.         Sebutkan 4 organ ekskresi yang terdapat pada tubuh?
2.         Sebutkan 3 penyakit yang terjadi pada organ ekskresi?

Kegiatan Inti (50 menit)
Eksplorasi (20 menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.        Guru menayangkan gambar/video kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi
2.        Siswa dapat memahami kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi
3.        Siswa bertanya mengenai kelainan pada sistem ekskresi yang belum dipahami
4. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
5.  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru.
6. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi (25 menit)
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.   Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.        Peserta didik memperhatikan gambar-gambar yang ditayangkan
3.     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4.    Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang organ – organ penyusun sistem ekskresi
5. Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
6.        Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusinya
7.        Guru menanggapi persoalan dalam diskusi
8.  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
9.  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
10.    Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi (5 menit)
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.        Guru memberi kesempatan bertanya bagi peserta didik yang belum memahami materi yang di ajarkan
2.        Peserta didik bertanya jawab dan guru memberikan penguatan
3.        Guru menyimpulkan materi yang sudah di pelajari
Penutup (5 menit)
Dalam kegiatan penutup :
       1.  Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mau maju ke depan kelas
       2.      Guru mengingatkan anak agar belajar lagi di rumah
       3.      Salam


G.      Media dan Sumber Belajar.
1.    Media              infocus, video sistem ekskresi, LKS, gambar/charta ekskresi

2.    Sumber Belajar
·      Wariono Sukis dan Muharomah Yani. (2008). Ilmu Alam Sekitar Panduan Belajar IPA Terpadu: SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·      Sudibyo, Elok, dkk. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·      Laboratorium, lingkungan sekolah
·      Internet (youtube)
·      Guru dan siswa
H.      Penilaian
No.
Indikator Pencapaian
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen
Instrumen/Soal
1.
Mendeskripsikan  bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
Tes tertulis




PG

 Organ yang bentuknya mirip kacang dan berwarna merah maron adalah .... 
 a. Jantung
      b. paru-paru
      c. ginjal
      d. hati
2.
Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
Tes tertulis
Uraian
Kemukakan fungsi sistem ekskresi yang dimiliki oleh tubuh manusia!
3.
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Penugasan
Proyek
Buatlah tulisan tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari!

4.
Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi
Tes tertulis
Uraian
Lembar penilaian antar teman untuk menilai tingkat keterlibatan siswa dalam penyelesaian proyek)


I.         Kunci Jawaban
1.    Ginjal
2.    Sebagai pengeluaran sisa metabolisme (sampah) yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh. Jika tidak dikeluarkan akan meracuni tubuh.

J.        Penskoran
1.    Setiap soal yang benar mendapat skor 10 point (jika 10 soal)
2.    Setiap soal yang benar mendapat skor 1 point (jika 20 soal)

Jumlah skor yang didapat   x 100%
Jumlah skor max






Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. Asep Tata Sonjaya
NIP. 19651208 199512 1 002

            Purwakarta,      Agustus  2016
             
                 Guru Mata Pelajaran IPA




                  Sumi Juariah S.Pd
                  NIP. -


2 komentar:

  1. Salam kenal, saya Lilik, guru IPA di SMP Swasta di Jakarta. Mohon izin copy RPP nya Mbak Suju (Sumi Juariyah). Jazakillah khairan

    BalasHapus
  2. silahkan kaka,, salam kenal juga.. semoga bermanfaat :)

    BalasHapus

SISTEM KOORDINASI SMP KTSP 2016-2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                       : SMP Negeri 6 Purwakarta Mata Pelajaran            : IPA Ke...