RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 6
Purwakarta
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : IX
(Sembilan)
Semester :
I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 x 40’ ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi :
1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi dasar :
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1.
Mendeskripsikan
bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
2.
Mendeskripsikan fungsi sistem
ekskresi
3.
Mendata contoh kelainan
dan penyakit pada sistem ekskresi yang
biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
4.
Menyadari
pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi
Kinerja Ilmiah
1.
Mengamati video bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada
manusia
2.
Mengamati
gambar-gambar penyusun sistem
ekskresi
3.
Mengamati kelainan
dan penyakit pada sistem ekskresi yang
biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
4.
Bekerjasama
serta bertanggung jawab atas diri sendiri dan dengan teman kelompok
A.
Karakter
Peserta Didik yang diharapkan
1.
Disiplin
2.
Bertanggung jawab
3.
Ketelitian
4.
Berkerjasama
5.
Sopan dan santun
B.
Materi Ajar
SISTEM EKSKRESI
Ø Ekskresi
→ Proses pengeluaran sisa metabolisme
(sampah) yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh. Jika tidak dikeluarkan akan
meracuni tubuh.
Organ Ekskresi dan sisa metabolisme yang dikeluarkan :
Organ Ekskresi
|
Sisa metabolisme yang
dikeluarkan
|
Paru-paru
|
Karbondioksida
(CO2) dan uap air (H2O)
|
Hati
|
Cairan
empedu (berwarna kehijauan)
|
Ginjal
|
Urin
(air seni)
|
Kulit
|
Keringat
|
Ø Ginjal
Dalam tubuh manusia terdapat 2 buah ginjal yang terletak di sisi
kiri dan kanan dalam rongga perut. Bentuknya seperti biji kacang merah.
Panjangnya sekitar 10 cm, dan beratnya kurang dari 170 gram. Ginjal berwarna
merah keunguan. Fungsi utama ginjal sebenarnya adalah untuk menyaring darah.
Zat sisa penyaringan darah ini berupa urin (air seni). Kandungan urin : air,
urea, garam mineral, cairan empedu (kuning cokelat).
Urin
dikeluarkan dari dalam tubuh melalui : (1) Ginjal, (2) Ureter, (3) Kandung
kemih, dan (4) Uretra. Perhatikan gambar !
|
|
|
|

Bagian – bagian ginjal dan
fungsinya (3M) :
|
|
|
|
|
Ø Kulit
|
|
Ø Kelainan / penyakit dan
penyebab nya !
1. Batu
ginjal : adanya pengendapan garam
kalsium pada ginjal (kalsium oksalat, asam urat, kristal kalsium fosfat).
2.
Radang ginjal :
terjadi kerusakan pada ginjal akibat serangan bakteri.
3.
Albuminuria :
adanya albumin (protein) dalam urin.
4.
Hematuria :
adanya sel darah merah pada urin.
5.
Gagal ginjal :
ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik.
6. Diabetes
: adanya glukosa (gula) dalam urin karena
terlalu banyak kadar glukosa dalam darah, akibat kerusakan pada ginjal atau
kekurangan hormon insulin.
7. Skabies
: serangan serangga kecil, bisa menular.
8. Eksim : kulit kering, merah, bersisik, gatal.
9.
Jerawat :
gangguan pada kelenjar minyak.
10.
Biang keringat :
terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit.
Ø Cara menjaga kesehatan
organ ekskresi :
1.
Berolahraga secara teratur.
2.
Tidak merokok dan
menjauhi rokok.
3.
Memakai masker bila
berkendara.
4.
Menghindari minuman
beralkohol dan minuman yang mengandung zat berbahaya.
5.
Minum air putih minimal
8 gelas dalam satu hari.
6.
Minum dan makan makanan
yang bersih dan sehat.
7.
Mencuci tangan sebelum
makan.
8.
Pastikan tempat minum
dan makanan dalam keadaan bersih.
9.
Tidak menahan kencing
dalam waktu yang lama.
10.
Mandi minimal 2 kali
sehari menggunakan sabun.
11.
Cuci muka dengan
menggunakan sabun khusus pencegah jerawat.
12.
Mengganti pakaian
dengan pakaian bersih setelah mandi.
13.
Mengetahui tanda-tanda
atau gejala terkena penyakit.
14.
Segera berobat ke
dokter, apabila menemukan tanda-tanda terkena penyakit agar penyakit tidak
tambah parah.
C.
Strategi Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung
2.
Metode Pembelajaran : Informasi, Observasi, dan tanya jawab
3.
Pendekatan :
Pembelajaran kontekstual
D. Langkah-langkah Kegiatan
v
Pertemuan Pertama (80
menit)
Pendahuluan (25 menit)
|
Apersepsi (20 menit)
Ø Salam islam
Ø Salam sunda
Ø Istighfar
Ø Syahadatain
Ø Doa akan belajar
Ø Membaca Surat-surat pendek
Ø Menyanyikan lagu indonesia raya
Ø Membaca buku cerita
Ø Absensi
Motivasi
(5
menit)
Guru bertanya
kepada peserta didik :
1. Terdiri
dari organ apakah sistem ekskresi pada manusia ? dan apa yang di
Keluarkannya?
2. Bagaimana
kerja sama kulit dengan ginjal ?
|
Kegiatan
Inti (50 menit)
|
Eksplorasi (20 menit)
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa dapat mengidentifikasikan organ – organ
penyusun sistem pengeluaran ( ekskresi ) pada
manusia melalui tayangan video
2.
Siswa dapat memahami
proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia
3.
Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4.
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5. Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
Elaborasi (25 menit)
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1. Membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.
Peserta
didik memperhatikan penjelasan proses terbentuknya urine pada ginjal
3.
Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4.
Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang kelainan dan
penyakit yang terdapat pada organ – organ penyusun sistem ekskresi
5.
Guru memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
6. Memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
7. Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
8.
Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
9.
Memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi (5 menit)
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Guru memberi kesempatan bertanya bagi
peserta didik yang belum memahami materi yang di ajarkan
2. Peserta didik bertanya jawab dan guru
memberikan penguatan
3. Guru menyimpulkan materi yang sudah di
pelajari
|
Penutup (5
menit)
|
Dalam
kegiatan penutup :
1. Guru memberikan penghargaan kepada peserta
didik yang mau maju ke depan kelas
2. Guru mengingatkan anak agar belajar lagi di
rumah
3. Berdoa – Salam
|
v
Pertemuan Kedua (80
menit)
Pendahuluan (25 menit)
|
Apersepsi (20 menit)
Ø Salam islam
Ø Salam sunda
Ø Istighfar
Ø Syahadatain
Ø Doa akan belajar
Ø Membaca Surat-surat pendek
Ø Menyanyikan lagu indonesia raya
Ø Membaca buku cerita
Ø Absensi
Motivasi (5 menit)
Guru bertanya kepada peserta didik :
1.
Sebutkan 4 organ ekskresi yang terdapat pada tubuh?
2.
Sebutkan 3 penyakit yang terjadi pada organ ekskresi?
|
Kegiatan Inti (50 menit)
|
Eksplorasi (20 menit)
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Guru menayangkan gambar/video kelainan dan penyakit pada sistem
ekskresi
2.
Siswa dapat memahami kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi
3.
Siswa
bertanya mengenai kelainan pada sistem ekskresi yang belum dipahami
4. Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
5. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan
guru.
6. Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Elaborasi (25 menit)
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1. Membiasakan peserta
didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2.
Peserta
didik memperhatikan gambar-gambar yang ditayangkan
3. Memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4. Siswa dengan bimbingan guru melakukan diskusi tentang organ – organ
penyusun sistem ekskresi
5. Guru memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
6.
Masing-masing
kelompok menampilkan hasil diskusinya
7.
Guru
menanggapi persoalan dalam diskusi
8. Memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
9. Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
10. Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi (5 menit)
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1.
Guru memberi kesempatan bertanya bagi peserta didik
yang belum memahami materi yang di ajarkan
2.
Peserta didik bertanya jawab dan guru memberikan penguatan
3.
Guru menyimpulkan materi yang sudah di pelajari
|
Penutup (5
menit)
|
Dalam
kegiatan penutup :
1. Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang
mau maju ke depan kelas
2.
Guru mengingatkan anak agar belajar lagi di rumah
3.
Salam
|
G. Media dan Sumber Belajar.
1.
Media : infocus, video sistem ekskresi, LKS, gambar/charta ekskresi
2.
Sumber Belajar :
·
Wariono Sukis dan Muharomah Yani. (2008). Ilmu
Alam Sekitar Panduan Belajar IPA Terpadu: SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·
Sudibyo, Elok, dkk. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs kelas
IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·
Laboratorium, lingkungan sekolah
·
Internet (youtube)
·
Guru dan siswa
H. Penilaian
No.
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
1.
|
Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem
ekskresi pada manusia
|
Tes tertulis
|
PG
|
Organ yang bentuknya mirip kacang dan
berwarna merah maron adalah ....
a. Jantung
b. paru-paru
c. ginjal
d. hati
|
2.
|
Mendeskripsikan fungsi sistem
ekskresi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Kemukakan
fungsi sistem ekskresi yang dimiliki oleh tubuh manusia!
|
3.
|
Mendata contoh kelainan dan
penyakit pada sistem ekskresi yang
biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Penugasan
|
Proyek
|
Buatlah
tulisan tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari!
|
4.
|
Menyadari
pentingnya menjaga kesehatan organ sistem ekskresi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Lembar
penilaian antar teman untuk menilai tingkat keterlibatan siswa dalam
penyelesaian proyek)
|
I.
Kunci
Jawaban
1. Ginjal
2. Sebagai pengeluaran sisa
metabolisme (sampah) yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh. Jika tidak
dikeluarkan akan meracuni tubuh.
J.
Penskoran
1. Setiap
soal yang benar mendapat skor 10 point (jika 10 soal)
2. Setiap
soal yang benar mendapat skor 1 point (jika 20 soal)
Jumlah skor yang
didapat x 100%
Jumlah
skor max
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Drs.
Asep Tata Sonjaya
NIP.
19651208 199512 1 002
|
Purwakarta, Agustus
2016
Guru Mata Pelajaran IPA
Sumi Juariah S.Pd
NIP. -
|

Salam kenal, saya Lilik, guru IPA di SMP Swasta di Jakarta. Mohon izin copy RPP nya Mbak Suju (Sumi Juariyah). Jazakillah khairan
BalasHapussilahkan kaka,, salam kenal juga.. semoga bermanfaat :)
BalasHapus